BAHAYA MEROKOK BAGI PEREMPUAN

BAHAYA MEROKOK BAGI PEREMPUAN

Kebiasaan merokok memang identik dengan kaum pria, namun seiring berkembangnya zaman kini semakin banyak juga wanita yang merokok. Wanita dapat menjadi perokok aktif maupun perokok pasif, yang mana rokok merupakan musuh terbesar wanita. Sebab dalam urusan bahaya kesehatan, perempuan lebih rentan daripada laki-laki.seseorang yang merokok dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan kesehatannya. bahkan banyak penyakit parah yang bisa dialami oleh perempuan perokok.Seperti yang kita tahu, dalam sebatang rokok terdapat ratusan zat yang dapat menimbulkan masalah pada organ terpenting tubuh. Zat inilah yang akan memberikan berbagai efek buruk untuk kesehatan. Berikut ini ada beberapa masalah yang bisa dialami oleh perempuan akibat dari merokok. Adapun diantaranya sebagai berikut:

  • Kanker serviks

Kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan penyakit yang berbahaya terjadi pada sel di leher rahim. Kanker ini menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi pada wanita dan disebabkan oleh infeksi virus HPV. wanita perokok berisiko tinggi terkena kanker serviks. Hal ini karena produksi tembakau yang dapat mempercepat terjadinya proses tersebut. 

  • Infertilitas dan membahayakan kandungan

Kebiasaan merokok juga bisa berisiko tinggi untuk mengalami masalah infertilitas dan masalah kehamilan. Jika wanita hamil tetap merokok, maka kemungkinan untuk melahirkan prematur ataupun mengalami keguguran. Cacat janin bahkan merokok dapat menyebabkan pengurangan jumlah ASI. Bahkan zat dalam rokok juga dapat menyebabkan gangguan pada sel telur. Hal ini yang nantinya bisa mengganggu kesuburan bagi wanita perokok. 

  • Kanker payudara

Merokok bisa menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya kanker payudara pada wanita usia muda. Risiko terkena kanker payudara tidak hanya berlaku untuk wanita perokok aktif. Namun biasanya hal ini malah sangat berisiko tinggi bagi wanita yang menjadi perokok pasif. 

  • Gangguan menstruasi

Wanita yang merokok biasanya akan mengalami gejala menstruasi yang lebih berat. Wanita perokok akan mengalami kram perut yang lebih parah saat sedang menstruasi. Bahkan dengan durasi yang lebih lama dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Bahkan kebiasaan merokok bisa memungkinkan terjadinya pendarahan yang berlebihan, juga keputihan. Hal ini terjadi karena racun pada rokok mempengaruhi ovarium atau indung telur. yang menyebabkan rendahnya kadar hormon estrogen. 

  • Menyebabkan menopause dini

Risiko terjadinya menopause dini juga menjadi salah satu bahaya wanita yang merokok. Wanita yang merokok biasanya akan mengalami menopause dini. Mereka mengalami menopause satu sampai dua tahun lebih cepat. Dibandingkan dengan wanita yang tidak merokok. 

  • Kanker paru

Salah satu penyakit yang sering terjadi akibat merokok adalah kanker paru. Semakin lama merokok dan jumlahnya yang dihisap, maka semakin tinggi juga risiko terkena kanker paru. Sebaliknya semakin cepat anda berhenti merokok, maka semakin berkurang risiko tersebut. 

  • Penyakit jantung dan pembuluh darah

Wanita perokok memiliki risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah yang tinggi. karena kebisaan merokok dapat merusak dinding pembuluh darah. Nantinya akan menimbulkan gangguan pada aliran pembuluh darah. Proses tersebut akan berlanjut dengan masalah jantung dan pembuluh darah lainnya. Bahkan wanita yang merokok pun berisiko mengalami stroke.

Nah itulah beberapa gangguan yang bisa dialami bagi wanita yang merokok. Bahkan masih banyak lagi masalah yang bisa ditimbulkan oleh rokok bagi perempuan. Jika anda tak ingin mengalaminya, maka segera hentikan kebiasaan merokok. Jagalah kesehatan tubuhmu untuk masa depan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *