CARA MEMILIH BUAH ANGGUR YANG AMAN UNTUK DIKONSUMSI

CARA MEMILIH BUAH ANGGUR YANG AMAN UNTUK DIKONSUMSI

Buah anggur merupakan buah yang sudah sangat populer di Indonesia. Buah anggur merupakan buah yang mualnya berasal dari  timur tengah. Namun saat ini buah anggur sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Bahkan ada satu desa di Bantul Yogyakarta yang semua penduduknya menanam anggur di pekarangan rumahnya. Dan saking banyaknya tumbuhan anggur di desa tersebut menyebabkan kampung tersebut dijuluki sebagai kampung anggur. Buah anggur merupakan buah yang berbentuk bulat dan bergerombol. Buah ini terdiri dari berbagai macam jenis. Anda bisa membedakanya dengan melihat warna luar dari buah tersebut. Namun untuk bagian dalam dari buah anggur semuanya berwarna putih. Buah ini memiliki rasa yang sangat manis dan juga agak asam. Buah ini juga banyak digemari oleh penduduk Indonesia.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Buah Anggur

Buah anggur merupakan buah yang sangat baik untuk dikonsumsi. Karena buah ini mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Buah anggur  merah dapat mengandung zat asam galat, glukosa, asam folat, zat besi, vitamin dan juga kalsium. Namun kita harus berhati-hati dalam memilih buah ini di pasaran. Karena sekarang ini banyak penjual yang tidak  mau rugi dan menghalalkan segala cara termasuk menambahkan bahan pengawet untuk mengawetkan buah tersebut. Untuk itu di bawah ini saya akan membagikan beberapa tips memilih buah anggur yang aman untuk dikonsumsi.

  • Perhatikan warna kulit anggur

Anda harus memilih buah anggur yang kulitnya masih berwarna cerah dan mempunyai warna yang rata. Buah  yang memiliki warna yang belum merata  bisa menjadi tanda bahwa buah tersebut belum cukup matang, dan belum layak untuk dikonsumsi. Selain itu anda juga harus memperhatikan apakah kulit pada buah tersebut bersih. Karena kulit anggur yang berbintik atau bernoda coklat bisa menjadi tanda bahwa buah anggur tersebut  akan segera membusuk. Anda juga jangan terlalu terpikat dengan warna anggur yang terlalu mengkilap dan juga kencang. Karena bisa jadi mengkilapnya buah tersebut dihasilkan dari zat pengawet yang digunakan untuk mengawetkan buah itu.

  • Perhatikan kebersihan kulit anggur

Selain memperhatikan ada tidaknya noda pada kulit anggur tersebut. Anda juga harus memastikan bahwa kulit pada buah anggur yang akan anda beli tidak terdapat jamur. Karena buah anggur yang menjamur akan cepat membusuk. Anda bisa memilih anggur dengan cara menekan anggur tersebut dengan jari anda secara lembut.  Jika buah tersebut saat di tekan bertekstur empuk, maka sebaiknya anda meninggalkan buah tersebut. Anda juga harus memperhatikan apakah ada bintik abu abu pada anggur tersebut. Sebaiknya jika anda menemui buah yang terdapat bintik abu-abu atau putih jangan memilih buah tersebut. Karena bintik tersebut bisa jadi adalah jamur yang tumbuh pada kulit buah itu.

  • Pilih buah anggur yang masih menempel pada batang

Kemudian anda juga harus memilih buah anggur yang masih menempel pada batang buah tersebut. Dengan begitu anda bisa mendapatkan buah anggur yang masih segar.  Dan kamu sebaiknya memilih buah anggur yang tangkainya tampak layu, karena buah anggur yang tangkainya masih terlihat sangat segar bisa menandakan buah tersebut mengandung zat kimia.

  • Serangga di sekeliling buah

Buah anggur yang terdapat serangga di sekitarnya bisa menandakan bahawa buah tersebut aman di konsmusi. Karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya.