DAMPAK NEGATIF YANG DAPAT DITIMBULKAN JIKA MENGKONSUMSI SAYUR KANGKUNG SECARA BERLEBIHAN

DAMPAK NEGATIF YANG DAPAT DITIMBULKAN JIKA MENGKONSUMSI SAYUR KANGKUNG SECARA BERLEBIHAN

Sayur kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup populer di Indonesia. Banyak kota-kota di pedesaan yang membudidayakan sayur yang satu ini. Sayur ini juga banyak sekali penggemarnya sehingga banyak juga orang yang menjual sayuran tersebut. Banyak yang mengira bahwa sayur kangkung hanya terdapat satu jenis, namun faktanya ternyata kangkung tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, kangkung juga terbagi ke dalam dua macam jenis, seperti kangkung darat, atau kangkung yang paling enak jika di konsumsi. Kangkung darat memiliki ciri  berdaun Panjang dengan ujung yang runcing dan biasanya mempunyai warna hijau keputihan. Dan kangkung air , yang mempunyai ciri berdaun Panjang namun bagian ujungnya agak tumpul dan biasanya berwarna hijau kelam. 

Berbagai Dampak Negatif Yang Dapat Ditimbulkan Jika Mengkonsumsi Sayur Kangkung Berlebihan

Tumis kangkung merupakan makanan yang menjadi favorit banyak orang. Karena olahan masakan tersebut memberikan cita rasa yang sangat khas dan sangat nikmat. Selain itu kangkung juga dapat membawa dampak baik bagi kesehatan karena memiliki kandungan mineral dan nutrisi yang baik untuk tubuh.Namun bagi anda yang memiliki kegemaran memakan sayur kangkung, sebaiknya anda mengkonsumsi sayuran tersebut dengan porsi yang cukup, karena jika tidak sayur hijau tersebut dapat membawa dampak yang cukup merugikan untuk tubuh kita. Nah di bawah ini akan penulis sampaikan mengenai apa saja dampak negatif dari terlalu berlebihan mengkonsumsi sayur kangkung.

  • Dapat memicu sakit perut

Sayur kangkung memang makanan yang terdiri dari berbagai macam vitamin, mineral dan zat lain yang dibutuhkan tubuh. Namun apakah anda tahu? Bahwa mengkonsumsi sayur kangkung secara berlebihan ternyata dapat menimbulkan rasa sakit perut. Hal ini dikarenakan kandungan serat tinggi di kangkung yang digunakan untuk melancarkan pencernaan jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan perut terasa mulas dan juga diare. Mencuci sayur yang kurang bersih juga dapat menyisakan bakteri yang dapat membuat sakit perut.

  • Dapat menimbulkan rasa kantuk

Dampak negatif yang kali ini disampaikan tentunya sudah banyak orang yang mengetahuinya. Kangkung yang dikonsumsi dengan porsi yang berlebihan dapat menimbulkan rasa kantuk pada seseorang. Karena  kangkung mengandung zat kalium yang tinggi, dimana zat tersebut dapat menyebabkan tubuh mudah terangsang kantuk. Tentunya jika hal tersebut dibiarkan akan mengganggu aktifitas anda.

  • Dapat menyebabkan asam urat memburuk

Penderita asam urat sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang satu ini. Mengapa demikian? Karena sayur kangkung mengandung zat purin, yang dimana zat tersebut dapat membuat asam urat semakin memburuk. Dan rasa nyeri di persendian akan menyerang penderita asam urat tersebut. Bahkan mengkonsumsi asam urat yang berlebihan bagi penderita asam urat juga dapat menimbulkan pembengkakan pada persendian. Untuk itu bagi penderita asam urat atau orang yang masih dalam tahap pemulihan tidak diperbolehkan memakan sayuran yang satu ini.

  • Dapat menimbulkan alergi

Terlalu banyak mengkonsumsi kangkung juga dapat menyebabkan timbulnya alergi bagi orang yang tidak cocok dengan masakan tersebut. Alergi yang ditimbulkan biasanya berupa gatal-gatal, muncul ruam merah atau juga mengalami rasa pusing. Biasanya orang yang alergi terhadap kandungan zat magnesium akan mengalami hal tersebut.

Di atas merupakan dampak negatif terlalu banyak mengkonsumsi sayur kangkung. Namun anda tak perlu khawatir, anda tetap bisa mengkonsumsi sayuran tersebut yang telah dicuci bersih dengan porsi yang sesuai.