SEHATQ.COM: KENALI 7 GEJALA PENYAKIT HERPES INI

Kulit manusia merupakan pelindung terluar yang menghadapi berbagai macam partikel. Entah itu sinar matahari, debu, asap knalpot, dan lainnya. Karena hal inilah kulit menjadi rentan terinfeksi penyakit. Penyakit kulit yang umumnya datang menghampiri adalah karena bakteri, jamur, dan virus. Salah satu penyakit yang bisa menghampiri adalah penyakit herpes. Beberapa orang menganggap jika penyakit herpes ini sebagai penyakit seksual yang berkaitan dengan hubungan badan. Ada benarnya, namun sebagian juga masih salah. Karena nyatanya, herpes tidak hanya bisa muncul pada alat kelamin saja. Tetapi juga bisa pada wajah dan bibir. Penyakit herpes ini muncul karena infeksi virus herpes simpleks atau disingkat HSV.

7w Gejala Penyakit Herpes Yang Perlu Diketahui

Sama halnya dengan penyakit-penyakit lainnya, herpes bisa muncul dengan ditandai oleh beberapa gejala. Apa saja gejala herpes yang sering dirasakan oleh penderitanya? Simak ulasannya dibawah ini:

  1. Secara perlahan tubuh menjadi lemas

Salah satu gejala yang umum dialami oleh penderita penyakit herpes adalah tubuh mendadak lemas dan daya tahan tubuh melemah. Sehingga ketika akan melakukan aktivitas menjadi kurang fokus. Untuk gejala awal seperti ini kebanyakan orang masih belum tahu. Karena bisa jadi gejala-gejala ini menjadi gejala penyakit lainnya.

  1. Tubuh nyeri di beberapa bagian

Ketika sistem kekebalan tubuh menjadi turun, orang dengan gejala herpes akan mengalami nyeri pada bagian beberapa tubuhnya. Salah satunya adalah pada area kelamin. Jika alat kelamin sudah terasa nyeri dan tidak reda-reda. Maka segera periksakan ke dokter spesialis kulit & kelamin.

  1. Kelamin terasa terbakar

Selain nyeri pada bagian kelamin, gejala penyakit herpes lainnya adalah alat kelamin yang terasa terbakar. Hal ini akan membuat orang tersebut akan merasa kesulitan ketika buang air kecil. Untuk wanita, gejala penyakit herpes ini juga bisa dilihat dari siklus menstruasi yang tidak lancar.

  1. Sakit kepala

Gejala penyakit herpes sendiri tidak hanya membuat tubuh lemas, alat kelamin terasa terbakar atau nyeri. Namun juga bisa membuat kepala menjadi sakit. Perlu diketahui bahwa rasa sakit yang dialami karena gejala herpes ini berbeda dengan sakit kepala pada umumnya. Sakit kepala yang dirasakan bisa begitu hebat sehingga membuat seseorang membutuhkan istirahat.

  1. Demam

Jika gejala-gejala diatas dibiarkan begitu saja. Tentu hal ini akan membuat tubuh menjadi demam dan semakin lemas. Selain itu juga bisa membuat keringat dingin.

  1. Muncul ruam

Gejala paling umum yang dialami oleh penderita herpes adalah munculnya ruam di bagian-bagian tubuh. Seperti dekat anus, bibir dan alat kelamin. Ruam ini memiliki warna merah dan isinya cairan. Ruam-ruam ini tidak hanya membuat penampilan menjadi kurang menarik. Tetapi juga menimbulkan sensasi perih dan panas.

  1. Sensitif pada paparan sinar matahari

Untuk gejala yang satu ini sebenarnya jarang dirasakan. Namun sebuah penelitian mengungkapkan jika virus herpes bisa meningkatkan sensivitas pada cahaya matahari. Seperti membuat kulit mudah terbakar dan melepuh.

Nah itulah beberapa gejala penyakit herpes yang bisa diperhatikan secara saksama. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan lebih detail mengenai penyakit herpes. Maka bisa mengunjungi laman direktori penyakit di SehatQ.com. Di platform tersebut dijelaskan secara rinci apa itu herpes, bagaimana tahapannya dan penjelasan lainnya.

SehatQ.com adalah platform kesehatan yang membantu keluarga. Dengan menggunakan platform sehatq.com ini maka anda akan mendapatkan banyak keuntungan seperti berikut:

  • Booking online
  • Chat dokter gratis atau berbayar
  • Promo menarik
  • Obat
  • Toko
  • Tindakan medis
  • DLL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *